Manfaat Rebusan Daun Sirih Untuk Kesehatan

Manfaat Rebusan Daun Sirih Untuk Kesehatan - Biasanya daun sirih identik dengan kakek-kakek atau nenek-nenek, mereka melakukan kegiatan nyirih atau mengunyah daun sirih selama beberapa waktu yang katanya berguna untuk kesehatan tubuh secara keseluruhan, sebenarnya bukan hanya sesepuh saja yang gemar mengkonsumsi sirih dengan cara mengunyah tetapi kaum muda pun banyak yang membiasakan dirinya untuk mengunyah sirih.

Daun sirih sendiri memang memiliki banyak manfaat terutama bagi kesehatan. Cara mengkonsumsinya pun beragam, ada yang langsung dikunyah, ada juga yang mengkonsumsi hasil dari air rebusan.


Manfaat Rebusan Daun Sirih

 Berikut ini adalah beberapa manfaat rebusan daun sirih yang banyak dirasakan oleh masyarakat, diantaranya :

 1. Mengobati Sakit dan Iritasi Pada Mata
Mata merupakan salah satu organ tubuh yang paling sering dan paling rentan terkena infeksi dan peradangan. Hal ini disebabkan karena mata sering terbuka dan banyak allergen serta polutan yang dapat menyebabkan iritasi pada mata, yang membuat mata menjadi gatal, berwarna merah, berasa perih dan sakit. Ketika iritasi mata terjadi, dan obat tetes mata biasa tidak dapat diandalkann untuk menyembuhkannya, maka anda dapat mencoba menggunakan rebusan daun sirih untuk menghilangkan gejala iritasi pada mata, caranya adalah :
  • Ambillah 1 – 2 lembar daun sirih
  • Rebus daun sirih hingga mendidih dengan ½ – 1 gelas air
  • Tunggu hingga airnya terasa dingin dan sudah tidak panas
  • Teteskan hasil rebusan daun siri ke mata, atau anda juga dapat menggunakan air rebusan sirih untuk mengompres mata anda.
 2. Menyembuhkan Radang Tenggorokan
Walaupun bukan merupakan penyakit yang kronis, namun radang tenggorokan memiliki gejala – gejala yang sangat mengganggu dan sangat menyebalkan. Anda dapat membuat rebusan dari daun sirih, minumlah air rebusan tersebut hanya ketika merasakan sakit tenggorokan saja. Air rebusan dari daun sirih dapat melegakan tenggorokan dan menghilangkan gejala sakit tenggorokan, seperti : Suara yang terasa serak, Batuk – batuk, Rasa perih saat menelan, dan Sulit berbicara.

3. Menghilangkan Bau Mulut
Salah satu manfaat lain dari rebusan daun sirih adalah dapat menghilangkan bau mulut. Terkadang bau mulut, terutama setelah mengkonsumsi makanan yang menimbulkan bau mulut, sangatlah mengganggu. Maka dari itu, anda dapat mencoba menggunakan rebusan daun sirih untuk menghilangkan bau mulut anda. Caranya sbb :
  • Ambillah 3 – 4 lembar daun sirih
  • Rebus daun sirih tersebut hingga mendidih
  • Tunggu dan diamkan hingga rebusan menjadi dingin dan tidak panas
  • Berkumurlah dengan air rebusan daun sirih tersebut, terutama setelah makan dan setelah sikat gigi.
4. Membersihkan Rongga Mulut Dari Kuman
Caranya sama dengan membersihkan bau mulut.

5. Mengobati Sariawan dan Sakit Gusi
Untuk mengobati sariawan dan sakit pada gusi anda dapat mengunyah daun sirih tersebut secara langsung, namun apabila anda merasa jijik dengan daun sirih yang dikunyah maka anda dapat mencoba alternatif lain seperti berkumur dengan air rebusan daun sirih.

6. Mengobati Demam Berdarah
Hasil rebusan dari daun sirih juga diyakini dapat membantu dan mempercepat penyembuhan demam berdarah. Langkah - langkah yang dapat dilakukan untuk memanfaatkan air dari rebusan daun sirih sebagai obat demam berdarah. Caranya adalah :
  • Ambil 5 – 6 lembar daun sirih
  • Rebus daun sirih dengan menggunakan 2 gelas air
  • Tunggu hingga mendidih dan hanya menyisakan satu gelas air saja
  • Minumlah hasil rebusan tersebut secara rutin, kira – kira 2 kali dalam sehari.
7. Mempercepat Penyembuhan Bekas Jahitan Pasca Melahirkan
Dengan merebus daun sirih lalu dibiarkan dingin , bisa langsung dibasuh ke area bekas jahitan dan itu sangat dianjurkan sekali, karena dipercaya dapat mengeringkan luka bekas jahitan dan itu sudah terbukti.

Itulah beberapa manfaat dari rebusan daun sirih untuk kesehatan , semoga dengan adanya artikel dari hargaprodukwalatra dapat bermanfaat bagi anda . Terimakasih

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Harga Produk Walatra Green Coffee - Pelangsing Alami

Harga Produk Walatra Habbaza Softgel

Harga Produk Walatra Bersih Wanita Asli Original